berita-woow.blogspot.com

berita-woow.blogspot.com
Home » , » Bahaya mengucek mata yag berdampak buruk

Bahaya mengucek mata yag berdampak buruk

Advertisement


Kita semua sudah pada tahu bahwa mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam tubuh kita, tanpa nya kita tidak mungkin bisa melihat apa saja di sekitar kita, untuk itu kita harus selalu menjaga mata kita agar tetap sehat dan terjaga.



Pasti sobat woow pernah merasakan adanya rasa gatal pada mata, entah itu terjadi karena iritasi debu, kelilipan, polusi atau apalah dan lalu kemudian yang ingin anda lakukan adalah ingin sekali mengucek mata anda yang terasa gatal itu.



Padahal mengucek mata adalah hal yang tidak baik untuk di lakukan, karena hal itu dapat menyebabkan melemahnya otot pada syaraf mata, mata memerah dan perih. Seperti yang di katakan oleh Prof.Charles McMonnies dari UNSW School of Optomery and Vision Science di dalam jurnalnya.

"Mengucek pada mata, posisi berdiri terbalik (kepala di bawah), tidur dengan posisi tengkurap (mata menempel bantal), berenang adalah hal yang dapat membuat peningkatan tekanan pada mata".

Pada saat tangan mengucek mata, terjadi peningkatan tekanan pada kelopak mata, dan tekanan yang kita lakukan dengan mengucek mata ini jauh lebih besar di bandingkan dengan silau dari cahaya lampu yang sangat terang. Apalagi mengucek matanya dengan penuh nafsu karena rasa gatalnya, akan lebih besar tekanan yang di terima oleh mata. Tentu saja hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan mata anda. Seperti yang di katakan oleh Prof. Charles McMonnies.

"Jika tekanan yang terjadi pada mata itu ringan, maka hal itu akan memberikan dampak yang tidak terlalu berat, akan tetapi jika tekan yang di terima mata sangat besar dan hal itu terjadi berulang kali maka bisa mengakibatkan kerusakan pada mata, seperti rabun, glaukoma, Conical kornea dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan pada indra penglihatan". tegasnya

Untuk itu hindarilah hal-hal yang dapat menyebabkan tekanan pada mata, dan jika mata anda terasa gatal sebaiknya jangan di kucek, pakailah obat tetes mata yang banyak di jual di apotik. Atau cara yang paling aman adalah konsultasikan atau periksakanlah mata anda ke dokter.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.