berita-woow.blogspot.com

berita-woow.blogspot.com
Home » , » Bahaya tidur mendengkur (ngorok) dan cara menghindarinya

Bahaya tidur mendengkur (ngorok) dan cara menghindarinya

Advertisement


Mungkin Sobat woow ada yang punya kebiasaan buruk seperti mendengkur saat tidur, sebaiknya hal itu tidak di sepelekan karena mendengkur atau yang dalam ilmu kedokteran di sebut dengan Sleep Apnoea ini bisa terjadi karena adanya penyempitan pada saluran pernafasan, dan hal ini bisa membahayakan bahkan bisa meuju kematian.


Dokter Peter Cistulli dari rumah sakit St.George Sydney Australia ini mengungkapkan bahwa Penyempitan saluran pada pernafasan saat mendengkur ini menyebabkan penyaluran oksigen ke tubuh menjadi terhambat dan pada level tertentu hal ini bisa mengakibatkan pernafasan terhenti, kondisi seperti ini dapat terjadi secara berulang-ulang setiap 10 detik hingga 1 menit."ketika seseorang yang tidur semalam dengan keadaan mendengkur, maka nafasnya bisa terhenti selama 300 kali" ujarnya.


Karena kurangnya suplai oksigen dalam tubuh yang di sebabkan mendengkur ini, menjadikan seluruh organ penting dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, otak dan lainnya ini bekerja dengan keras untuk menjalankan fungsinya, oleh sebab itu jika penderita mendengkur dalam jenjang waktu yang lama akan menimbulkan penyakit-penyakit yang berbahaya contohnya hipertensi, serangan jantung dan stroke, kekurangan oksigen dalam tubuh juga bisa merusak lapisan sel pembuluh darah.

Yang paling penting untuk di waspadai oleh penderita tidur dengan mendengkur ini adalah jika suara dari dengkuran nya semakin terdengar keras lalu tiba-tiba  mendadak berhenti dan tiba-tiba penderita menghentakkan nafasnya, tentu hal itu akan memacu organ tubuh seperti jantung untuk bekerja secara maksimal untuk memasok kebutuhan oksigan dalam tubuh, kemudian saat penederita terbangun dari tidurnya akan merasakan pusing, sakit kepala dan terasa linglung. itulah yang sering terjadi pada penderita yang tidurnya mendengkur. Ujar Dr.Cistulli.




Adapun beberapa cara yang mungkin bisa membantu untuk meminimalisir gangguan mendengkur ini sebagai berikut:
  • Tidur posisi miring.
    Posisi miring dalam tidur ini bisa mempermudah jalannya pernafasan, sehingga peredaran oksigen dalam tubuh jadi lancar.
  • Mengurangi berat badan.
    Berat badan yang berlebihan ini sering menjadi faktor dari penyebab tidur mendengkur, hal ini di sebabkan karena adanya unsur lemak yang menumpuk pada leher dan sekitarnya yang mengakibatkan aliran oksigen yang di pasok melalui pernafasan menjadi terhambat.
  • Jangan mengonsumsi alkohol.
    Alkohol juga dapat merusak sistem kerja syaraf di bagian tenggorokan dan rahang, sehingga dapat menimbulkan terjadinya tidur mendengkur.
  • Jangan merokok.
    Rokok ini mengandung racun yang akan merusak sistem pernafasan pada tubuh, dan bisa jadi akan menimbulkan tidur mendengkur.
  • Memakai bantal yang tinggi.
    Posisi tidur dengan kepala yang lebih tinggi dari badan ketika tidur dapat membantu melancarkan pernafasan sehingga bisa untuk menghindarkan tidur mendengkur.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.